Sunday 29 March 2020

TEKNOLOGI GAME


 Pengertian Teknologi Game
Kata teknologi berasal dari bahasa Perancis yaitu La Teknique yang memiliki arti semua proses yang dilakukan dalam upaya mewujudkan sesuatu secara rasional. Teknologi dalam arti ini dapat diketahui benda-benda yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan realisasi hidupnya didalam dunia nyata.
Sedangkan kata game berarti sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan intelektual. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.

Perkembangan Teknologi Game
·         Generasi Pertama (1952 – 1975)
Pada generasi pertama, jenis game yang baru ada yaitu game konsol. Game yang pertama muncul adalah Tic-Tac-Toe yang dibuat oleh A.S. Douglas pada tahun 1952 di University of Cambridge. Kemudian muncullah game-game lain seperti Tennis for Two dan Spacewar. Kemudian pada generasi ini pula lahirnya video game.
·         Generasi Kedua (1976 – 1983)
Masa ini dikenal dengan hadirnya grafik 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah computer dan video game. Pada era ini juga terlahir game-game baru yang mengenalkan suasana 3D seperti Pac Man keluaran Namco, Battlezone , dan lain sebagainya. Di tahun 1983, penjualan game konsol mulai berkurang dan banyak yang meninggalkannya. Karena kurang kreatifnya pembuat game. Dan perkembangan PC semakin canggih sehingga banyak orang memutuskan untuk memilih PC ketimbang game konsol.
·         Generasi Ketiga (1983 – 1986)
Menurunnya game konsol tidak membuat perusahaan memberhentikan produksinya. Bahkan di akhir tahun 1983, game konsol buatan Nintendo yakni Famicom, menjadi game konsol pertama yang menampilkan gambar dan animasi beresolusi tinggi. Game legendaris yaitu Super Mario juga pertama kali muncul di perangkat besutan Nintendo dan famicom ini. Kehadiran Super Mario membuat penjualan game konsol kembali meningkat, sekaligus membuat Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika. Hal ini menimbulkan persaingan antara game konsol yaitu Nintendo dan SEGA yang notabenenya bertempat di Amerika.
·         Generasi Keempat (1988 – 1993)
Penjualan Nintendo bersama Super Mario bertahan lama. Tidak mau kalah, akhirnya SEGA juga meliris konsol game versi baru yaitu Sega Mega Drive dengan kualitas yang hamper sama, bahkan memilik gambar lebih tajam dan animasi lebih halus ketimbang milik Nintendo. Namun, hal itu tidak memengaruhi penjualan Nintendo di dunia yang masih bertahan di puncak penjualan tertinggi.
·         Generasi Kelima (1994 – 1999)
Untuk menyaingi Nintendo dan SEGA, akhirnya Atari kembali meluncurkan konsolnya, yaitu Atari Jaguar yang memiliki kecanggihan seperti milik dua perusahaan pesaingnya. Namun, penggunaannya yang lebih sulit membuat pecinta game kurang minat.
·         Generasi Keenam (2000 – 2013an)
Meskipun meluncurkan konsol barunya, tapi nyatanya Nintendo dan SEGA tetap tidak bisa mengalahkan penjualan Playstation milik Sony. Bahkan pada tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan meliris PlayStation2 berbasis DVD dengan tampilan jauh lebih baik. Satu-satunya konsol yang dapat menyaingi Sony adalah hanya milik Microsoft yang diberi nama Xbox. Meskipun mendapat saingan baru, Xbox milik Microsoft, ternyata tidak mampu menyaingi persaingan PlayStation2 yang menjadi pemuncak penjualan tertinggi untuk konsol game.
·         Generasi Keenam (Sekarang)
Perkembangan konsol game semakin menjadi-jadi pada masa ini. Tiga perusahaan masih terus bersaing dengan mengeluarkan konsol-konsol game terbaru buatan mereka.
Selain itu, muncul juga game-game online yang berkembang baik. Yang juga tidak kalah saing dengan game konsol yang ada.

Pendapatku Mengenai Perkembangan Teknologi Game
            Seiring berkembangnya teknologi, perkembangan game juga terpengaruhi. Dimulai dari generasi pertama yang hanya ada game konsol seperti Nintendo dan sejenisnya, hingga muncullah game online yang banyak diminati oleh banyak orang. Seperti sekarang ini, banyak sekali pengembang game dari Indonesia. Juga semakin bagusnya kualitas game yang ada. Sehingga, pemain game akan merasa nyaman untuk melihat tampilan yang diberikan.
            Jadi, menurut saya perkembangan game dari zaman ke zaman sangat cepat. Perkembangannya juga cukup baik hingga menghasilkan game-game yang ada seperti sekarang ini. Karena, perkembangannya selalu mengikuti perkembangan teknologi juga.



Referensi :

No comments:

Post a Comment