Sunday, 24 May 2020

Scenario, Script, dan Storyboard pada Game Design


1.   Scenario
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game.
2.   Script
Dalam pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program atau urutan instruksi yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer prossesor. Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu.
Contohnya ialah penyisipan skrip assembly ke dalam program Pascal untuk mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah. Skrip merupakan kumpulan sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk di-compile.
3.   Storyboard
Storyboard adalah suatu sketsa gambar yang disusun secara berurutan sesuai naskah cerita. Dengan storyboard maka pembuat cerita dapat menyampaikan ide cerita secara lebih mudah kepada orang lain, karena dengan storyboard maka pembuat cerita dapat membuat seseorang membayangkan suatu cerita mengikuti gambar-gambar yang sudah tersaji, sehingga dapat menghasilkan persepsi yang sama dengan ide cerita yang di buat. Storyboard juga dapat di artikan sebagai naskah yang di sajikan dalam bentuk sketsa gambar yang berurutan, berguna untuk memudahkan pembuatan alur cerita maupun pengambilan gambar.
Fungsi umum dari storyboard yaitu sebagai suatu konsep dan ungkapan yang kreatif dalam menyampaikan ide atau gagasan. Pada storyboard juga seseorang dapat menambahkan arahan-arahan seperti arahan audio, letak, atau arahan informasi lainnya.

Aplikasi untuk membuat storyboard : Storyboard Pro
Storyboard pro memiliki fitur untuk menyajikan storyboard dengan tampilan 3D. Storyboard memiliki kemampuan untuk membuat adegan 2D bisa di tampilkan lebih dramatis dan menarik dengan kemampuan untuk mengimpor berbagai jenis file 3D yang di kombinasikan dengan beberapa fitur yang di sediakan oleh storyboard pro.
Storyboard pro dapat mengimport 3D file berformat .osb, .3ds, .obj, and .fbx kedalam scene anda  dan anda tinggal mengatur camera sehingga tampilan storyboard sesuai dengan yang anda inginkan.

Sumber :


Monday, 13 April 2020

GAME ENGINE


Game Engine adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar, yaitu API dan SDK. API (Application Programming Interfaces) adalah bagian operating system, services, dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.
Game engine memiliki beberapa tipe, diantaranya adalah :

  •         Roll-your-own game engine
Tipe ini lebih disukai, karena gratis. Dan juga memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya, banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya.

  •           Mostly-ready game engines
Engine ini memiliki beberapa batasan apalagi jika dibandingkan dengan tipe sebelumnya yang benar-benar terbuka. Ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi.

  •          Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tetapi dibuat dengan sangat user friendly. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Game engine ini ditujukan untuk developer yang ingin menyingkat waktu pemrograman dan merilis game-game mereka secepatnya.

Beberapa jenis game engine :

  •           Unreal Engine
Unreal Engine memiliki kecanggihan fitur pada multiformatnya sehingga grafik yang ditampilkan di game semakin jernih dan berwarna. Tidak hanya itu, Framerate yang stabil adalah kunci keberhasilan Unreal Engine dalam menentukan gerak-gerik game supaya leluasa memainkannya tanpa harus menggoyangkan kepala. Game yang menggunakan ini, identik dengan latar belakang gelap sehingga suasananya terasa menakutkan dan mencekam apabila menontonnya jelas.

  •           Unity engine
Game engine yang lahir dari Unity Technologies dijuluki sebagai rajanya game dikarenakan hampir semua game mulai tercipta berkat peran Unity Engine yang selalu menghasilkan objek pendukung dengan 2 sampai 3 dimensi, Virtual Reality, dan Augmented Reality Games.

  •           Cry engine
Makna Cry Engine yang sesungguhnya adalah game engine dengan gebrakan besar-besaran pada keseluruhan fiturnya. Selain itu, Cry Engine memiliki keunikan sendiri yaitu pencahayaan yang bagus untuk memudahkan para gamers dalam melihat musuh atau garis finish dan kualitas suara yang jernih sehingga tidak memerlukan speaker besar. Fakta menariknya, Cry Engine sangat lekat pada game militer soalnya rata-rata bertemakan perang yang memang harus diselesaikan sampai damai.

            Beberapa contoh game engine freeware :
1.      Blender
2.      Golden T Game engine (GTGE)
3.      Ogre
4.      Sphere
5.      Cube
6.      Panda3D
7.      Unreal engine

Beberapa contoh game engine berbayar :
1.      Jedi
2.      Medusa
3.      Euphoria
4.      Alamo
5.      Dunia engine
6.      Jade engine
7.      DXStudio


Salah satu software game engine adalah Blender

Blender merupakan rangkaian kreasi 3D yang gratis dan open source. Blender mendukung konsep 3D secara keseluruhan—modeling, rigging, animasi, simulasi, rendering, compositing, dan motion tracking, bahkan video editing dan pembuatan game. Pengguna yang telah mahir menggunakan API milik Blender yang ditujukan pada scripting python untuk menyesuaikan aplikasi ini dan menulis tools yang telah dikhususkan; biasanya semua ini dimuat pada fitur Blender versi selanjutnya. Blender sangat cocok bagi studio kecil dan perorangan yang mendapatkan untung dari konsep pemersatuannya dan proses pengembangan yang responsif.

Fitur – fitur yang dimiliki blender :
1.      Header = menu utama Blender yang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
2.      Viewport  = tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
3.      Toolbar = terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
4.      Outliner = struktur data dari objek pada Blender
5.      Properties = panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.
6.      Timeline = instruksi yang terkain dengan frame animasi atau untuk sequencer
7.      Screen Layouts = tampilan untuk menampilkan lembar kerja
8.      Splitting Window = Pembagi tampilan lembar kerja pada Blender
9.      Snap 3D Cursor = meentukan letak objek, alat bantu dalam menentukan titik acuan. Juga untuk mentransformasikan objek dengan skala tertentu.
10.  AddingObject = menambahkan objek pada bidang 3D
11.  Transformasi = menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek.


Referensi : 


Sunday, 29 March 2020

TEKNOLOGI GAME


 Pengertian Teknologi Game
Kata teknologi berasal dari bahasa Perancis yaitu La Teknique yang memiliki arti semua proses yang dilakukan dalam upaya mewujudkan sesuatu secara rasional. Teknologi dalam arti ini dapat diketahui benda-benda yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan realisasi hidupnya didalam dunia nyata.
Sedangkan kata game berarti sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan intelektual. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.

Perkembangan Teknologi Game
·         Generasi Pertama (1952 – 1975)
Pada generasi pertama, jenis game yang baru ada yaitu game konsol. Game yang pertama muncul adalah Tic-Tac-Toe yang dibuat oleh A.S. Douglas pada tahun 1952 di University of Cambridge. Kemudian muncullah game-game lain seperti Tennis for Two dan Spacewar. Kemudian pada generasi ini pula lahirnya video game.
·         Generasi Kedua (1976 – 1983)
Masa ini dikenal dengan hadirnya grafik 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah computer dan video game. Pada era ini juga terlahir game-game baru yang mengenalkan suasana 3D seperti Pac Man keluaran Namco, Battlezone , dan lain sebagainya. Di tahun 1983, penjualan game konsol mulai berkurang dan banyak yang meninggalkannya. Karena kurang kreatifnya pembuat game. Dan perkembangan PC semakin canggih sehingga banyak orang memutuskan untuk memilih PC ketimbang game konsol.
·         Generasi Ketiga (1983 – 1986)
Menurunnya game konsol tidak membuat perusahaan memberhentikan produksinya. Bahkan di akhir tahun 1983, game konsol buatan Nintendo yakni Famicom, menjadi game konsol pertama yang menampilkan gambar dan animasi beresolusi tinggi. Game legendaris yaitu Super Mario juga pertama kali muncul di perangkat besutan Nintendo dan famicom ini. Kehadiran Super Mario membuat penjualan game konsol kembali meningkat, sekaligus membuat Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika. Hal ini menimbulkan persaingan antara game konsol yaitu Nintendo dan SEGA yang notabenenya bertempat di Amerika.
·         Generasi Keempat (1988 – 1993)
Penjualan Nintendo bersama Super Mario bertahan lama. Tidak mau kalah, akhirnya SEGA juga meliris konsol game versi baru yaitu Sega Mega Drive dengan kualitas yang hamper sama, bahkan memilik gambar lebih tajam dan animasi lebih halus ketimbang milik Nintendo. Namun, hal itu tidak memengaruhi penjualan Nintendo di dunia yang masih bertahan di puncak penjualan tertinggi.
·         Generasi Kelima (1994 – 1999)
Untuk menyaingi Nintendo dan SEGA, akhirnya Atari kembali meluncurkan konsolnya, yaitu Atari Jaguar yang memiliki kecanggihan seperti milik dua perusahaan pesaingnya. Namun, penggunaannya yang lebih sulit membuat pecinta game kurang minat.
·         Generasi Keenam (2000 – 2013an)
Meskipun meluncurkan konsol barunya, tapi nyatanya Nintendo dan SEGA tetap tidak bisa mengalahkan penjualan Playstation milik Sony. Bahkan pada tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan meliris PlayStation2 berbasis DVD dengan tampilan jauh lebih baik. Satu-satunya konsol yang dapat menyaingi Sony adalah hanya milik Microsoft yang diberi nama Xbox. Meskipun mendapat saingan baru, Xbox milik Microsoft, ternyata tidak mampu menyaingi persaingan PlayStation2 yang menjadi pemuncak penjualan tertinggi untuk konsol game.
·         Generasi Keenam (Sekarang)
Perkembangan konsol game semakin menjadi-jadi pada masa ini. Tiga perusahaan masih terus bersaing dengan mengeluarkan konsol-konsol game terbaru buatan mereka.
Selain itu, muncul juga game-game online yang berkembang baik. Yang juga tidak kalah saing dengan game konsol yang ada.

Pendapatku Mengenai Perkembangan Teknologi Game
            Seiring berkembangnya teknologi, perkembangan game juga terpengaruhi. Dimulai dari generasi pertama yang hanya ada game konsol seperti Nintendo dan sejenisnya, hingga muncullah game online yang banyak diminati oleh banyak orang. Seperti sekarang ini, banyak sekali pengembang game dari Indonesia. Juga semakin bagusnya kualitas game yang ada. Sehingga, pemain game akan merasa nyaman untuk melihat tampilan yang diberikan.
            Jadi, menurut saya perkembangan game dari zaman ke zaman sangat cepat. Perkembangannya juga cukup baik hingga menghasilkan game-game yang ada seperti sekarang ini. Karena, perkembangannya selalu mengikuti perkembangan teknologi juga.



Referensi :

Saturday, 30 March 2019

ARSITEKTUR WEB


2.1 Arsitektur Web
Arsitektur Web adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang mana seperti pengertian arsitektur sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis, dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna.
Ada tiga standar utama untuk penerapan Web Service, Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI.
1. SOAP (Simple Object Access Protocol) adalah Suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar.
2. WSDL (Web Services Description Language) adalah bahasa yang memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.
3. UDDI (Universal Description Discovery and Integration) adalah semacam direktori global untuk mengelola web services.

    2.2 Cara Pengelolaan Web
    ·         Pahami model website yang Anda kelola
    ·         Pahami model platform yang Anda gunakan
    ·         Maksimalkan penggunaan kata kunci yang sesuai
    ·         Buat konten yang menarik
    ·         Gunakan gambar yang unik
    ·         Maksimalkan social media
    ·         Update web Anda secara berkala
    
    2.3 Web Content
Konten dalam website adalah segala sesuatu yang dapat dilihat oleh pengunjung baik berupa gambar, tulisan, animasi, video, suara, tombol navigasi, dan sebagainya. Pengaturan konten ini dilakukan pada saat pemrograman website (coding), entah itu jenis kontennya, warna, posisi, dan sebagainya. Hal ini yang menjadi dasar perencanaan pembuatan website harus dilakukan sebaik mungkin, karena konten-konten yang akan ditampilkan pada website baik posisi maupun jenisnya akan ditentukan disini.

2.4 Model Generatif dan Model Retorika
    ·         Model Generatif
Model generatif merujuk pada Pembelajaran Generatif (PG) yang merupakan terjemahan dari Generative Learning (GL). Menurut Osborno dan Wittrock dalam Katu (1995.b:1), pembelajaran generative merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki mahasiswa sebelumnya. Pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakannya dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan disimpan dalam memori jangka panjang.
    ·         Model Retorika
Titik tolak retorika adalah berbicara. Berbicara berarti mengucapkan kata atau kalimat kepada seseorang atau sekelompok orang, untuk mencapai suatu tujuan tertentu (misalnya memberikan informasi ata memberi motivasi). Berbicara adalah salah satu kemampuan khusus pada manusia. Oleh karena itu pembicaraan itu setua umur bangsa manusia. Bahasa dan pembicaraan itu muncul, ketika manusia mengungkapkan dan menyampaikan pikirannya kepada manusia lain.

Referensi :

WEB SCIENCE



1.1  Pengertian Web Science
Web science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari web science adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui source code dari web itu sendiri dan bagaimana dapat dimanfaatkan web tersebut untuk hal-hal yang positif.

1.2  Sejarah Web Science
·      Pre Web
Pre web adalah era dimana prototype seperti memex, usenet, gopher, dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi internet.
-          The Memex (Memory Index)
The memex (sebuahsingkatan dari "memori" dan "index") adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The Atlantic " As We May Think "(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, "mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas." The memex akan memberikan "suplemen intim yang diperbesar ke memori seseorang". Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem (akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan personal software.
-       HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
-       Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian jaringan internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan Internetworking.
-       Usenet
Singkatan dari user network, merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan  pada Duke University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
-       FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
-       Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Gopher adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internetpada berbagai server gopher. Pengertian Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Pojok Pedia Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
Gopher yang memiliki sistem berbasis menu paling dasar ini menyediakan konektifitas yang saling berhubungan antara file-file pada komputer-komputer Internet. File-file ini nampak seperti direktori berseri di seputar menu Gopher yang sebenarnya file-file tersebut berlokasi di komputer lain.
Gopher menyediakan akses ke dokumen teks, Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru kemudian dapat dilihat dengan program lain. Gopher juga memungkinkan akses ke beberapa fasilitas lain yang ada diinternet seperti Telnet untuk melakukan hubungan komunikasi jarak jauh.
Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.
1.3  Perbedaan Web 1.0, 2.0, dan 3.0
·         Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.

Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0. adalah:

1.   Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan (read only).
2.   Halaman masih didesain sebagai html murni, yang hanya memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi.
3.   Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens.
4.     Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi bersifat satu arah.
Contoh dari jenis web ini, biasanya masih bersifat HTML dan hanya berisi tentang tulisan pribadi.
·         Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Web 2.0 ini memperkaya sifat dari read only menjadi read write.

Prinsip-prinsip Web 2.0 yaitu:

1.      Web sebagai platform.
2.      Data sebagai pengendali utama.
3.      Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi.
4.      Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source”)
5.      Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
6.      Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user
Contoh dari jenis web ini,seperti Wikipedia, Blog, Friendster. Yang sudah mulai mengenal dengan web interaktif social network.
·         Web 3.0
Definisi untuk Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan. Sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand.
Teknologi Web generasi ketiga yang pertama kali diperkenalkan tahun 2001 ini memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide, dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alam nyata.
Web 3.0 atau Web Semantik sendiri juga merupakan sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik. Artinya, bahasa yang digunakan tidak lagi bersifat teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari, sehingga dapat mempermudah interaksi dengan komputer.
Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.

1.4  Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.

Referensi :